Jumat, 03 Juli 2020

6 Game MOBA Online Terbaik dan Paling Seru Untuk Dimainkan di Android


moba

Game MOBA merupakan salah satu game paling digemari oleh banyak pemain di seluruh dunia tak terkecuali gamers Indonesia. Genre MOBA sendiri merupakan singkatan dari multiplayer online battle arena atau permainan multiplayer daring yang melibatkan banyak pemain di suatu arena. 

Beberapa judul game MOBA sudah lumayan banyak yang populer salah satunya adalah Dota 2 yang menjadi pelopor game MOBA di platform PC. Tak ketinggalan juga di Android pun hadir berbagai judul game bergenre MOBA dan bahkan juga masuk dalam turnamen esports kelas dunia lho.

Nah, pada kesempatan kali ini Gamenisasi akan menghadirkan daftar 6 Game MOBA Online di platform Android. Silahkan saja simak daftar beberapa game MOBA online dibawah dan bisa kamu download atau coba, langsung saja berikut ini daftarnya.

1. Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends

Game Mobile Legends merupakan salah satu game MOBA terpopuler di Android. Mobile Legends sendiri dikembangkan oleh sebuah perusahaan game asal Shanghai China yaitu Moonton. Game ini dirilis di platform Mobile khusunya Android pada tahun 2016 lalu, dan terus berkembang hingga sekarang ini.

Mobile Legends tidak membutuhkan spesifikasi smartphone yang tinggi, jadi tetap bisa dimainkan di smartphone dengan spesifikasi pas-pasan namun grafiknya tetap masih oke. Hadir dengan konsep MOBA 5vs5 dan tersedia banyak hero menarik membuat Mobile Legends populer bahkan sudah dipertandingkan di turnamen esports tingkat dunia.

2. Vainglory

vainglory

Vainglory bisa dibilang sebagai pelopor game MOBA di platform mobile sebab game ini sudah hadir sejak tahun 2014 dan menjadi populer tahun 2017 lalu. Game yang dikembangkan oleh Super Evil Megacorps ini pada awalnya menghadirkan game MOBA 3v3 dan menggunakan kontrol tap-tap untuk menggerakan dan mengeluarkan skill hero namun sekarang sudah diganti 5v5 dan juga ditambahkan kontrol analog.

Dilihat dari grafisnya game Vainglory ini sepertinya juaranya grafis game MOBA Android sebab tampilanya sudah 3D dan tekstur warna sangat memesona. Vainglory juga sudah sering dipertandingkan di turnamen-turnamen tingkat internasional yang meilbatkan banyak pro players dari seluruh penjuru dunia. 

3. Arena of Valor

Arena of Valor

Arena of Valor adalah game yang diterbitkan oleh perusahaan game terkenal asal Tiongkok yaitu Tencent Games dan diluncurkan oleh Garena untuk pengguna Android Indonesia. Game ini merupakan rival dan saingan berat Mobile Legends khusunya di area Indonesia dan Asia Tenggara.

Hadir dengan mode 5v5 dan juga mode game lainya yang tidak kalah seru AOV sudah bisa meraih banyak pemain dan mempertandingkan game tersebut di turnamen esports tingkat internasional maupun regional. Sekilas game Arena of Valor ini ada beberapa kemiripan dengan League of Legends karena memang sang developer AoV yaitu Tencent memiliki saham di Riot Games pengembang dari LoL.

4. Heroes Evolved

Heroes Evolved

Heroes Evolved merupakan game MOBA populer di Android yang dikembangkan oleh R2Games. Game ini memiliki konsep yang sama dengan game MOBA pada umumnya yaitu para pemain akan saling bertarung dengan dua tim masing-masing berisi 5 orang dan menghancurkan turret utama melalui tiga lane. 

Walaupun tak sepopuler game MOBA macam Mobile Legends atau AOV namun Heroes Evolved mampu membangun komunitas cukup besar dan sering memberikan berbagai update agar game semakin menarik. Ada sebuah fitur dalam game Heroes Evolved yang tidak dimiliki oleh game MOBA lainya yaitu fitur tantangan fog of war, ini menjadi nilai tambah tersendiri bagi game Heroes Evolved.

5. Marvel Super War

Marvel super war

Marvel Super War merupakan game MOBA yang mengambil hero-hero dari seri film terkenal yaitu Marvel. Game ini belum lama dirilis tepatnya akhir tahun 2019 lalu namun popularitasnya melejit hingga sekarang ini sudah memiliki jutaan unduhan dari seluruh dunia.

Pemain bisa memilih dan memainkan hero-hero dari Marvel seperti Captain America, Thor, Hulk, Iron Man, dan lain-lain. Secara konsep memang game ini menghadirkan konsep MOBA pada umumnya namun yang membedakan adalah hero-hero tersebut diambil dari superhero Marvel.

6. Onmyoji Arena

onmyoji arena

Onmyoji Arena adalah game bergenre MOBA yang dikembangkan oleh NetEaseGames. Game ini cukup unik sebab memadukan unsur MOBA dengan unsur kebudayaan Jepang, bisa dilihat dari karakter yang ada dan juga latar zaman Heian. Onmyoji Arena pada awalnya game ini cukup populer di Jepang namun sekarang pun sudah populer di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia.

Grafis game ini juga tidak kalah berkualitas dari game MOBA seperti Vainglory atau Arena of Valor sebab Onmyoji Arena sudah mengusung konsep grafis 3D. Sentuhan kebudayaan ala jejepangan sangat kental di dalam game ini sehingga cocok bagi pecinta kebudayaan Jepang atau Wibu.

Itu tadi artikel mengenai 6 Game MOBA Online Terbaik dan Paling Seru Untuk Dimainkan di Android. Silahkan saja mencoba memainkan game-game MOBA online tadi karena memang game tersebut sudah populer dan memiliki banyak pemain jadi tidak diragukan lagi kualitasnya.