Jumat, 17 Juli 2020

5 Media Sosial Paling Populer dan Banyak Digunakan di Indonesia


Media Sosial

Media Sosial merupakan salah satu bagian hidup dari masyarakat dunia saat ini tak terkecuali di negara kita yaitu Indonesia, setiap hari pasti memakai media sosial. Berbicara mengenai media sosial terpopuler dan paling banyak digunakan di Indonesia ternyata tidak hanya satu saja media sosial yang banyak digunakan namun juga ada beberapa.

Kini media sosial sudah berkembang sangat pesat seiring waktu berjalan sehingga orang-orang sudah tidak perlu lagi berkirim surat seperti dulu dan lewat media sosial saja sudah bisa berkomunikasi. Menurut data dari We Are Social pada tahun 2019 lalu, pengguna media sosial di Indonesia mencapai sekitar 150 juta orang atau lebih dari 50% orang Indonesia sudah memanfaatkan media sosial.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai 5 Media Sosial Paling Populer dan Banyak Digunakan di Indonesia. Tentu dengan beberapa data yang harus dicantumkan dan saya memilih data dari We Are Social, maka dari itu langsung saja simak artikel berikut ini.

1. Youtube

Youtube Logo
Youtube merupakan media sosial yang memungkinkan para penggunanya mengupload dan membagikan video mereka di platform tersebut selain itu juga bisa melihat video orang lain. Youtube bisa dibilang menjadi media sosial paling populer dan banyak digunakan oleh orang Indonesia sebab sekarang ini video apa saja sudah ada bahkan berita mainstream pun ada di sana.

Menurut data dari We Are Social terdapat sekitar 88% pengguna Youtube dari keseluruhan pengguna media sosial di Indonesia. Artinya dari 150 juta pengguna media sosial di Indonesia sekitar 132 juta merupakan pengguna yang sudah menggunakan Youtube. Memang sekarang ini dunia Youtube masih populer di Indonesia bahkan juga tempat untuk mencari uang dan informasi, maka dari itulah banyak orang Indonesia memakai Youtube.

2. WhatsApp

Whatsapp Logo

Siapakah orang Indonesia yang tidak kenal dengan Whatsapp pasti banyak yang kenal dengan aplikasi media sosial yang satu ini. WhatsApp merupakan sebuah aplikasi media sosial chatting tanpa membayar alias gratis, hanya membutuhkan koneksi internet saja. Kepopuleran WhatsApp atau biasa disingkat WA memang tidak diragukan lagi sebab pastinya setiap pengguna media sosial Indonesia menggunakan WA sebagai medsos chatting mereka.

We Are Social sendiri mencatat data sekitar 83% pengguna media sosial di Indonesia sudah menggunakan WhatsApp. Itu artinya ada sekitar 125 juta orang pengguna WhatsApp di Indonesia dari 150 juta pengguna media sosial. WhatsApp sendiri sering dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi, chat, sharing, bahkan berbisnis atau belajar.

3. Facebook

Facebook Logo

Facebook merupakan sebuah media sosial yang mempunyai fitur lengkap daripada media sosial lainya. Facebook bisa untuk berbagi gambar, video, saling berkomentar, membuat grup atau perkumpulan, siaran langsung , dan lain-lain. Di dunia saja jumlah orang yang memakai Facebook sudah mencapai 2 miliar lebih, hal ini membuktikan bahwa Facebook sangat populer.

Sementara di Indonesia sendiri menurut data dari We Are Social pengguna Facebook di Indonesia mencapai 122 juta orang atau 81% dari pengguna media sosial Indonesia. Selain untuk berinteraksi secara online, Facebook juga menjadi ladang untuk mencari uang salah satunya dengan berjualan di Facebook, menjadi streamer game, dan lain-lain.

4. Instagram


Instagram adalah platform atau aplikasi media sosial berbasis berbagi video singkat dan gambar ataupun live video. Instagram atau terkadang disingkat IG menjadi media sosial populer di Indonesia karena memiliki fitur yang bagus dan kekinian sehingga banyak yang suka dan menggunakannya terutama anak muda.

Menurut data yang dipaparkan oleh We Are Social terdapat sekitar 120 juta pengguna media sosial Instagram atau 80% dari pengguna media sosial di Indonesia. Di dalam Instagram pengguna bisa berbagi video singkat, gambar, stories, ataupun memanfaatkan fitur live IG dan Instagram TV. Instagram juga sering dimanfaatkan untuk beriklan dan promosi oleh orang-orang yang menawarkan jasa maupun produk mereka.

5. Twitter

Twitter

Twitter merupakan sebuah platform media sosial microblogging yang memungkinkan penggunanya mengirim dan membaca pesan hingga 280 karakter atau sering disebut tweet/kicauan. Media sosial ini memiliki fitur yang sederhana dan mudah dipahami namun basis penggunanya juga lumayan besar termasuk juga di Indonesia yang masuk menjadi salah satu negara dengan pengguna Twitter terbanyak.

Data dari We Are Social mencatat bahwa ada sekitar 78 juta orang atau 52% yang sudah menggunakan Twitter dari 150 juta pengguna media sosial di Indonesia. Twitter sendiri menjadi pilihan media sosial bagi warga Indonesia karena terbilang lebih sederhana dan mudah dioperasikan, di Twitter juga ada trending yang terkadang menjadi bahan pembicaraan dan berbentuk hastag.

Itulah tadi artikel mengenai media sosial terpopuler dan banyak digunakan di negara kita yaitu Indonesia. Dalam menggunakan media sosial kita harus menyebarkan sesuatu yang positif dan berguna jangan menyebarkan informasi hoax atau berita bohong, jadi bijaklah dalam menggunakan media sosial. Semoga informasi tadi bermanfaat dan menambah wawasan, sampai jumpa lagi ya.