Ilmuwan Pakai Video Game Untuk Perangi Virus Corona

Foldit for Coronavirus

Gamenisasi - Ilmuwan dan Peneliti dari University of Washington membuat sebuah terobosan baru untuk memerangi Coronavirus. Mereka menantang gamers untuk menyelesaikan teka-teki rumit melalui game berjudul Foldit.

Ilmuwan menggunakan media game berjudul Foldit yang dirilis pada tahun 2008 yang lalu. Para ilmuwan menambahkan teka-teki baru ke dalam game berdasarkan struktur protein Coronoavirus. Gamer akan diminta untuk menyusun struktur protein yang bisa digunakan untuk mengikat virus corona agar tidak bisa menyebar ke manusia lainnya.

Beberapa hari ini peneliti dan ilmuwan sudah menemukan struktur dari Coronavirus yang berbentuk paku. Apabila ilmuwan berhasil merancang protein yang dapat mengikat Coronavirus, maka kemungkinan besar dapat memblokir interaksi dengan sel-sel manusia dan menghentikan infeksi.

Para peneliti dan ilmuwan berharap agar para gamer bisa mencoba untuk menyelesaikan teka-teki di dalam game Foldit yang mereka tambahkan tersebut. Walaupun memang agak rumit untuk menyelesaikan teka-teki ini, tetapi intinya pemain mengambil rantai protein dan memanipulasinya menjadi bentuk yang berbeda.

Jika ada hasil susunan protein dari para gamers yang dinilai cocok dan efisien maka akan dianalisis oleh para peneliti dan ilmuwan. Mereka akan mencocokan apakah hasil tersebut dapat diaplikasikan ke dalam tubuh manusia.

Masih belum diketahui apakah cara ini berhasil atau tidak dalam upaya mencegah penyebaran Coronavirus yang semakin meresahkan. Akan tetapi cara ini menjadi terobosan terbaru agar kelak bisa ditemukan vaksin dan obat dari Coronavirus sehingga menghentikan penyebaran.

Game ini bisa didownload secara gratis di situs resmi https://www.fold.it. Game ini masih dalam versi Beta dan bisa dimainkan di platform Windows, Linux, Mac.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Ilmuwan Pakai Video Game Untuk Perangi Virus Corona "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel